Selasa, 24 Mei 2011

Tips Mengatasi Kutu Hamster

Peralatan yang dibutuhkan:
1. Kandang karantina (lebih bagus pake kontener kecil atau ember)
2. Pasir zeolith
3. Bedak DORIS (beli di apotek hrgnya kira2 10rb)
5. Minyak zaitun
4. Tissue (lebih prefer tissue makan krn lebih maksimal menyerap minyak)

Cara treatment-nya:
1. Siapkan kandang karantina, isi dengan pasir dicampur dengan bedak DORIS, perbandingan dikira-kira aja.
2. Taruh minyak zaitun di lepek kecil, krg lebih 1 sendok makan.
3. Siapkan hamster yang akan di-treatment, tenangkan dulu di tangan kita.
4. Olesi minyak ke seluruh badan hamster, dari belakang telinga ke bawah. Hindari bagian muka & jangan sampai masuk ke dlm telinga.
5. Beri perhatian khusus di area lipatan & sela-sela (blkg telinga, kaki) serta bagian pantat si hamster krn biasanya disanalah para kutu kupret bersemayam.
6. Jangan lupa bagian perut & area sekitar kelamin juga diolesi, pokoknya harus rata seluruh badan.
7. Setelah hamster basah kuyup dengan minyak, ambil tissue dan keringkan hamster tapi jangan terlalu kering agar minyak bekerja sempurna membasmi kutu.
8. Masukkan hamster yg setengah kering tadi ke dalam kandang karantina berisi pasir & bedak.
9. Pindahkan kandang ke tempat lain sementara kandang & kamar hamster dibersihkan, jangan lupa beri minum dan makan dalam wadah.
10. Setelah 3 hari, biasanya bulu sudah mulai mengering. Cek lagi apakah masih ada kutu. Bila masih ada ulangi treatment dari awal. Bila sudah bersih dan hamster sudah jarang garuk2 lagi berarti hamster telah sembuh dan bisa dipindahkan ke kandang seperti biasa.

Catatan :
- Bila ada kutu di dalam telinga yang masih bisa dijangkau, gunakan cotton bud yg diolesi minyak zaitun utk mengambilnya keluar. Hati-hati dalam pengerjaannya!!
- Ada kutu yg ketika dewasa dpt terbang. Agar terbasmi tuntas..tas..tas.. lakukan desinfektan pada kandang & kamar hamster. Gunakan semprotan pembasmi hama utk ruangan dan pel dengan karbol/pembersih lantai.
- Pada kasus serangan kutu yang cukup parah, ada kemungkinan hamster lain terserang juga. Jika ini terjadi maka treatment juga harus dilakukan kepada hamster2 lainnya.
- Meskipun minyak zaitun meminimalisir hamster berontak, ada kemungkinan hamster akan menggigit pada saat diolesi maka berhati-hatilah juragan semua. Jika perlu gunakan sarung tangan kain utk memegang hamster dan sarung tangan karet utk mengolesi minyak.
- Walau telah sembuh, biasanya hamster masih akan terbiasa menggaruk, mgkn krn bekas luka gigitan kutu yg mulai mengering. Hal ini wajar dan akan berkurang seiring dengan tumbuhnya bulu yg rontok (krg lebih 2 minggu - 1 bulan).
- Berdasar pengalaman, treatment ini cukup satu kali dilakukan (satu kali pengolesan) dan terbukti sangat manjur mengatasi kutu. Tetapi jika masih ada kutu setelah treatment bisa diulang lagi dari awal

4 komentar:

  1. thx ut tipsnya sangat membantu. tapi ane mau nanya, bedak doris yg dimaksud adalah bedak doris ut Anjing ya? kalau ia, bedak doriskan ada dua macam, yg pertama yg biasa digunakan 15 menit sebelum mandi dan yg kedua digunakan setelah mandi. yang dipake yang mana ya? Thx.

    BalasHapus
  2. Kak ini beneran aman nggak?

    BalasHapus
  3. Benjamin Moore Titanium T-3490 | TITanium Art
    Benjamin titanium max trimmer Moore Titanium T-3490. Designed ford focus titanium hatchback for use with your columbia titanium pants project. This is a T-3490. This design is titanium camping cookware made of durable solid ford edge titanium brass. Rating: 4.7 · ‎1,299 votes

    BalasHapus